Sabtu, 12 Januari 2013

Motivasi


94.MOTIVASI KERJA
·  1. Motivasi Kerja (Y1)
·  Motivasi Kerja adalah suatu dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan atau mengerjakan suatu tugas atau kegiatan dengan sebaik – baiknya agar mencapai prestasi yang tinggi. Indikator dalam penelitian ini yaitu:

a. Kebutuhan Eksistensi (Existence Needs) (Y1.1)
  • Terpenuhinya k ebutuhan akan sandang/pangan .
  • Terwujudnya rasa aman/nyaman dalam bekerja .
  • Adanya perlindungan apabila terjadi kecelakaan kerja

b. Kebutuhan Keterkaitan (Relatedness Needs) (Y1.2)
  • Adanya h ubungan kerja sama yang baik antara pimpinan dengan bawahan dalam menjalankan tugas .
  • Adanya h ubungan kerja sama yang baik antara teman sekerja dalam tugas .

c. Kebutuhan Pertumbuhan (Growth Needs) (Y1.3)
  • Adanya kesempatan memberikan masukan untuk kemajuan organisasi .
  • Penghargaan yang layak atas kinerja .
2. Kinerja (Y2)
Kinerja ialah sejumlah aktivitas fisik dan mental yang dilakukan pegawai untuk mengerjakan pekerjaannya hingga optimal atau prestasi yang dicapai pegawai Badan Pertanahan Provinsi Sulawesi Tenggara dengan hasil yang lebih meningkat daripada prestasi sebelumnya.( Elisabet Siahaan;2007).Miner (1988) dalam Natsir (2003 : 48), Martoyo (2000:97). Indikator yang digunakan untuk mengukur variabel ini adalah :

a. Kualitas kerja (Y2.1) yaitu penilaian responden terhadap sejauh mana proses atau hasil peleksanaan tugas/pekerjaan yang diberikan mendekati tujuan/target yang telah ditentukan dilihat dari sisi ketelitian kerja, kerapian kerja, keterampilan dan kecakapan kerja..
Adapaun item pertanyaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
  1. Mempunyai ketelitian dalam bekerja sehingga tingkat kesalahan rendah.
  2. Hasil dari pekerjaan yang dilakukan pegawai dengan mutu terbaik.
b. Kuantitas kerja (Y2.2) penilaian responden terhadap sejauh mana proses atau hasil peleksanaan tugas/pekerjaan yang diberikan mendekati tujuan/target yang telah ditentukan dilihat dari sisi jumlah yang dihasilkan dalam melaksanakan pekerjaan. Adapaun item pertanyaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
  1. Jumlah pekerjaan rutin yang diselesaikan berdasarkan target.
  2. Jumlah pekerjaan tambahan yang diselesaikan berdasarkan target.
c. Kemampuan kerja (Y2.3)adalahpenilaian responden dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, kemampuan untuk kerja sama serta kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam tugas yang diemban. Adapun item pertanyaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
  1. Adanya pemahaman yang baik dan benar serta kepandaian, keahlian dan keterampilan melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan tugas pokok d an fungsi.
  2. Kecepatan dan ketepatan dalam melaksanakan pekerjaan yang disertai dengan kemampuan menghadirkan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pekerjaan.
d. Tanggung jawab (Y2.4)adalah peneilaian responden terhadap kesiapan/kesanggupan dalam melaksanakan pekerjaan/tugas dan tanggung jawab. Adapun item pertanyaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
  1. Pegawai melaksanakan pekerjaan sesuai dengan wewenang dan tanggungjawab dalam tugas pokok dan fungsinya.
  2. Beban kerja yang diberikan organisasi telah sesuai dengan kemampuan kerja pegawai.

95. MOTIVASI BELAJAR

DefinisiMotivasi belajar

Motivasi menjadi sesuatu hal yang sangat penting tatkala kita akan melakukan sesuatu. Ada beberapa Definisimotivasi belajar yang dikemukakan oleh para ahli, Definisimotivasi tersebut adalah:

1.Motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri sesorang ya­ng menimbulkan, memberikan arah dan memberi kekuatan, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

2.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Davis (dalam Andayani, 2006: 25): Motive or motivation refers to an internal state resulting from a need which incites behaviour, usually directed towarked fulfilling the need.”
Pendapat tersebut dapat dimaknai bahwa motivasi merupakan sesuatu yang berasal dari dalam diri seseorang yang muncul dalam rangka memenuhi ke­butuhan­nya.

3.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Nasution (1993: 08) yang menya-takan:  Motivasi adalah kondisi psikologis sesorang untuk melakukan sesuatu.
4.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Sardiman (2007: 75): 
Keseluruhan daya dan penggerak psikis di dalam diri seseorang yang me­nim­bul­kan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar demi mencapai tujuan. 

5. Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Winkel (1983: 27) menyatakan:  Motivasi belajar merupakan faktor psikis, yang ber­sifat nonintelektual yang berperan dalam hal gairah belajar. Siswa yang ber­motivasi kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar