Sabtu, 12 Januari 2013

Perencanaan


31. Perencanaan Drainase Perkotaan
Konsep dasar perencanaan sistem drainase yang akan dijadikan sebagai acuan adalah sebagai berikut :
1.      Sedapat mungkin memanfaatkan drainase alam yang dimiliki oleh daerah rencana
2.      Aliran limpasan harus dibatasi dengan berprinsip pada :
-          Limpasan air hujan selama masih belum berbahaya dihambat semaksimal mungkin agar ada kesempatan untuk infiltrasi, sehingga limpasan berkurang.
-          Kecepatan aliran dalam saluran tidak terlalu tinggi sehingga tidak merusak konstruksi saluran tetapi tidak boleh terlalu rendah untuk menghindari terjadinya penggerukan dinding saluran akibat terlalu tingginya kecepatan dan tidak terjadi pengendap sepanjang saluran akibat aliran yang terlalu rendah.

32. Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran adalah kegiatan memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu proses belajar mengajar  yaitu dengan mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, cara penyampaian kegiatan (metode, model dan teknik), serta bagaimana mengukurnya menjadi jelas dan sistematis, sehingga nantinya proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Belajar harus dengan kondisi otak yang masih fresh dan tanpa tekanan agar apa yang didengar dan dibaca terserap habis dan diingat terus. Belajar juga harus ditempat yang nyaman, dan jauh dari kebisingan agar dapat dengan mudah berkonsentrasi.


33.  Perencanaan Pembangunan Nasional
Perencanaan Pembangunan Nasional adalah sistem yang menjadi pedoman pengambilan kebijakan pemerintahan di Indonesia. Sistem ini adalah pengganti dari sistem yang sebelumnya disebut dengan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Dalam Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tertulis: Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat Pusat dan Daerah.

34. Perencanaan Pembangunan Rumah
Rumah adalah tempat berlindung saat panas datang, dan petir saling menyambar. Rumah adalah tempatidaman yang ingin dimiliki setiap keluarga. Pembangunan rumah pribadi harus dengan perencanaan, penghitungan, dan konsep yang matang agar selesai tepat waktu, sesuai dengan keinginan, dan nyaman ditinggali. Hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya
-letak geografi rumah, didaerah yang rawan bencana atau tidak
-akses menuju tempat dan jalan umum
-struktur tanah yang akan dijadikan tempat membangun
-lingkungan yang aman dan tentram
-dan lain-lain

35. Perencanaan Rapat
Merencanakan dan mempersiapkan suatu rapat agar dapat berjalan lancar bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, karena seorang penyelenggara harus berhubungan dengan berbagai pihak untuk mempermudah jalannya rapat. Hal ini menjadi tanggung jawab sekretaris dalam persiapan penyelenggaraan adalah sebagai berikut :
- Membuat agenda rapat dan susunan acara rapat
- Membuat undangan
- Mempersiapkan bahan rapat
- Memepersiapkan fasilitas rapat
- Membuat catatan
-dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar